Translate

Tips Top VII


Berfikir Cerdik

Meski sahabat pembaca bukan seorang yang jenius, sahabat pembaca bisa menggunakan strategi ini untuk memanfaatkan kreativitas berfikir dan menata masa depan dengan lebih baik. Strategi ini dapat mendorong cara berfikir lebih produktif untuk memecahkan masalah. Strategi ini pada umumnya ditemui pada gaya berfikir orang yang jenius dan kreatif dalam hidupnya. Simak yuk, cara-cara berikut ini pasti cocok untuk diterapkan dalam keseharianmu,

1.       Lihatlah persoalanmu dengan berbagai cara dan sudut pandang yang berbeda dan cari solusinya yang belum diketahui orang lain.

2.       Bayangkan. Missal, untuk merumuskan persoalan dalam berbagai cara yang berbeda-beda dan masuk akal pastinya.

3.       Hasilkan. Karakteristik anak  jenius yang membedakan adalah kretivitas. Ilmuwan-ilmuwan yang terhebat pun dalam menciptakan karya-karyanya yang terkenal sering menemui kesalahan dan kegagalan. Namun, hal itu malah menjadi jalan dan semangat yang besar dalam meraih kesuksesan.

4.       Buat kombinasi-kombinasi baru . kombinasi lagi ide-ide yang muncul dalam benakmu. Bayangkan dan pikirkan kedalam kombinasi yang berbeda. Tidak peduli dengan keanehan dan ketidakwajaran.

5.       Berfikir secara berlawanan. Jika terdapat pertentangan secara bersamaan, kemudian menyingkirkan pikiran dan akal bergerak menuju tingkatan baru. Dengan menyingkirkan pikiran secara logis dapat memungkinkan akal untuk memunculkan sesuatu yang baru.
6.       Berfikir secara metaphor. Individual yang memiliki kapasitas untuk menerima dua keberadaan yang berbeda dan menghubungkannya adalah individu yang punya bakat khusus.

7.       Persiapkan diri untuk menghadapi kesempatan. Jika kita mencoba sesuatu kemudian tidak berhasil atau bisa dikatakan gagal maka kita kerjakan sesuatu yang lainnya. Hal ini adalah prinsip utama. Jangan bertanya, mengapa saya gagal?? Tapi tanyakanlah bagaimana agar saya bisa berhasil??

Keberhasilan dan tingkat kecerdasan seseorang tidak hanya ditentukan oleh IQ yang tinggi saja. Semua berpotensi menjadi yang terbaik asalkan mau terus berusaha. “GUYS! Selamat berusaha dan jangan berhenti sampai di situ saja yaa..

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Golden Eye. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online